Definisi
Merupakan satu aliran terbaru à mendirikan tren desain antar muka pengguna dengan modern
Tujuan
- Menampilkan data dengan gambar
- Menemukan cara terbaik untuk mengingat informasi
- Mengeksplor data dengan bantuan gambar
Prinsip
- Fokus pada konten
- Merupakan perbandingan
- Integritas
- Beresolusi Tinggi
Memory Sistem
à Kemampuan seseorang untuk menyimpan informasi agar bisa digunakan kembali
- Model – Model Ingatan :
- Input (Sensori) à Rangsangan yang diterima oleh indera yang kemudian akan dilanjutkan ke sensor selanjutnya
- Sensori Memory (SM) à Proses penyimpanan memori yang berlangsung dalam waktu jangka pendek
- Memory Jangka Pendek (STM) à Proses penyimpanan memori sementara (hanya dipertahankan selama informasi tersebut dibutuhkan)
- Memori Jangka Panjang (LTM) à Proses Penyimpanan Informasi yang permanen
- Memory Output à Memory yang dikeluarkan
- Proses Memory
Input à Persepsi à Analisis à Analisa arti input
- Tahapan Memory
- Acquistion à Mengambil Persepsi untuk diseleksi
- Storage à Penyimpanan Informasi yang telah diseleksi
- Retrival à Recall (Pengembalian ingatan kembali)
Eye Movement
- Membaca diingat : 20%
- Mendengar diingat : 30%
- Melihat diingat : 40%
- Mengucapkan diingat : 50%
- Melakukan diingat : 60%
- Melihat, Mengucapkan, Mendengar, dan Melakukan : 90&
Peran Visualisasi Informasi
- Memahami Masalah
- Menyederhanakan Masalah
- Melihat Keterkaitan Masalah
- Memenuhi gaya belajar individual
- Pengganti untuk komputasi / perhitungan
- Memeriksa solusi
- Mengubah Masalah ke dalam bentuk Matematis
Isnainul Amanda Perwirasari
10.41010.0245
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusRESUME PERTEMUAN 1 MATA KULIAH VISUALISASI INFORMASI
BalasHapus